Apa konsep dasar pengembangan Isuzu Elf NMR 71? Edy J Oekasah, Product
Development Director IAMI, menjelaskan konsep dasar pengembangan Elf NMR 71
ini, adalah mempertahankan apa yang baik pada model terdahulu dan ditambah
dengan fitur-fitur inovatif. Isuzu Elf NMR 71 adalah truk ringan dengan mesin
4HG1-T yang sudah teruji.
“Light truck identik dengan UKM, dan
digunakan untuk mengangkut hasil bumi di daerah-daerah pegunungan yang
bertanjakan dengan ruas jalan yang sempit. Truk Isuzu Elf NMR 71 ini cocok
untuk kondisi medan seperti itu karena ukurannya sedang, manuvernya lincah dan
sangat bertenaga,” urainya mengenai karakter unik pasar truk ringan di tanah
air Yang dipasarkan memalui dealer dealer seluruh indonesia antara lain kini
yang terbaik dalam penjualanya yaitu DEALER ISUZU PERROS MOBILINDO
www.isuzudealer.net
Isuzu Elf NMR 71 merupakan truk ringan pertama yang menggunakan transmisi
enam percepatan. Pada generasi sebelumnya, Isuzu hanya memasarkan truk Elf
dengan transmisi 5 percepatan. Edy beralasan, desain seperti ini merupakan
jalan tengah antara kendaraan truk yang tangguh melintasi jalur tanjakan dan
kendaraan yang mengutamakan kecepatan saat melewati jalan tol. Ketika
menjelajahi jalur yang menantang di daerah pegunungan, truk ini bisa lari
dengan gigi 3-4, tetapi saat masuk jalan tol, kendaraan ini bisa lari dengan
kecepatan gigi 5-6.
Penggunaan transmisi 6 tingkat percepatan menjadikan gear ratio
pada setiap gigi lebih besar, sehingga menjaga RPM tetap rendah dengan tarikan
tenaga yang lebih besar, waktu tempuh lebih cepat serta tetap irit bahan bakar.
Produk-produk ini menggunakan New Axle baru yang lebih tebal dan axle house dengan diameter ring gear 343 mm dan ketebalan plat housing 9 mm, lebih kokoh dan aman
dikendarai. Pada variant Non HD, New Axle dipasang pada bgian depan, sementara
pada varian HD digunakan pada bagian depan dan belakang.
Bagian Chassis truk-truk ringan Isuzu ini juga diperkuat. Ketebalan Chassis
pada semua varian mencapai 6 mm, dan khusus pada varian HD ditambah dengan inner
reinforce setebal 4.5 mm.
Perubahan lain terjadi pada bagian kabin. Seluruh varian Isuzu Elf NMR 71
memiliki desain kabin baru dengan konsep Hexapod, selain memberikan penampilan
baru yang lebih segar, modern dan lebih ergonomis sehingga makin aman dan
nyaman bagi pengendara.
Selain itu, Side PTO (Power Take Off) yang khusus terdapat pada Isuzu Elf
NMR 71 HD 6.1, yang selama ini biasanya dipasang oleh pihak karoseri, kini
menjadi original equipment manufacture (OEM) Isuzu untuk menjamin
kesesuaian, lebih kuat dan lebih tahan lama, sehingga customer lebih merasa
aman dan ekonomis.
Selain sebagai truk ringan untuk mengangkut hasil bumi dan
komoditas-komoditas lainnya, Isuzu Elf NMR 71 bisa juga dijadikan bus penumpang
dengan kapasitas 25-35 penumpang. Namun, Edy mengingatkan bahwa kebutuhan untuk
bus dan truk tidak sama. “Muatan bus tidak bisa overload, sementara
muatan truk bisa overload,” ujarnya. Dengan aplikasi bak kayu, Isuzu Elf NMR 71
mampu mengangkat beban hingga 8,25 ton.
Untuk layanan purna jual, pihak IAMI menjamin konsumen
tidak perlu khawatir untuk perawatan dan ketersedian suku cadang karena Isuzu
siap dengan 215 bengkel resmi Isuzu dan 95 bengkel mitra Isuzu, serta 2.331
parts shop yang tersebar di 357 kota di seluruh Indonesia